
Trik mendongkrak performa Bajaj Pulsar 180 dengan mudah, yaitu mengganti kampas kopling. Tujuannya agar selip kampas dengan pelat kopling saat terhubung atau ketika terjadi perpindahan daya dapat ditekan seminim almungkin. Alhasil akselarasi awal hingga putaran atas jauh lebih baik. Hanya saja untuk mengganti kampas kopling standar Pulsar 180 dengan Ekaproduk lain masih jarang yang tahu. Walaupun beberapa Pulsarian sudah lakukakan trik ini.
Kebanyakan sih saya suruh ganti kampas kopling dengan kepunyaan Kawa

saki Ninja. Itupun kalau mereka punya dana besar. Tapi bisa juga pakai produk aftermarket keluaran BRT. Untuk Ninja yang harganya pas dengan isi kantong namun tetap berkualitas.
Cuma yaitu tadi, uang memang nggak bohong. Kata Said, meski sama-sama mampu mendongkrak tenaga Pulsar 180 lantaran memiliki permukaan tapak lebih lebar juga tebal dan lubang alur oli lebih sip
(gbr. 1). Toh keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.
Tetapi kenapa Said lebih menyarakan Pulsarian pakai kampas kopling Ninja dibanding produk BRT? Sebetulnya perbedaan peningkatan atau rasanya enggak terlalu signifikan. Tapi bakal lebih terasa jika oli yang dipakai tipenya berbeda. Khusus pemilik Pulsar yang biasa pakai oli semi sintetis atau murni sintetis, kampas kopling punya Ninja lebih tahan frikis (gesek). Sehingga nggak gampang slip. Lebih lanjut dipertegas Said, untuk pasang kampas kopling Ninja atau BRT di house kopling katanya tak sampai papas dudukan kaki kampas apalagi gerus pelat
(gbr. 2). Pakoknya bisa langsung pasang. Namun bagi yang tetap menggunakan pelumas bahan dasar minyak bumi alias bukan sintetik, punya BRT bagus. Seelain harga kampas kopling BRT lebih murah, pelumas non sintetik juga murah. Ini solusi bagi yang memang pengin berhemat.
spring : www.motorplus-online.com