
Komunitas Satria F-150 sering melakukan bore up. Itu membuat Didi Nurhadi hafal akan masalah yang biasanya muncul. Apalagi kalau sudah pakai piston diameter 70 mm. Risiko yang muncul biasanya bocor kompresi karena paking head sobek.

Hal itu bisa terjadi akibat adanya got oli
(gbr. 1) di salah satu sisi head. Karena pemakaian piston gede tadi, maka jaraknya semakin tipis antar got dan lubang diameter piston. Efeknya paking jadi rentan sobek.
Saya menyarankan untuk menutup jalur turunnya oli itu menggunakan lem besi
(gbr. 2). Tapi bukan asal tutup karena harus dibuatkan jalur baru.

Nah, karena itu dilakukan sedikit proses pengeboran di samping tempat tensioner. Jumlahnya dua lubang
(gbr. 3). Lubang itu dibuat pakai mata bor 10. Posisi harus pas di jalur oli lama.
Mengenai kedalammnya harus sampai di jalur turun oli yang lama juga. Dengan begitu masalah paking sobek dan oli tetap lancar sudah bisa diatasi.
spring : www.motorplus-online.com