Untuk meningkatkan tenaga mesin dan efisiensi bahan bakar bisa ditempuh dengan cara mengurangi gesekan. Friction paling besar selain dari piston dengan liner juga dari gesekan mekanisme klep. Untuk mengurangi gesekan mekanisme katup akibat pegas klep, paling gampang meniru dari bebek Honda. Mulai dari Honda Karisma, Supra X 125 dan Blade 110R serta skubek BeAT sudah menggunakan
rocker arm sistem roller.
Sistem roller mampu mengurangi gesekan antara pelatuk dengan kem. Ini yang membuat bebek Honda keluaran baru irit bensin namun bertenaga. Coba terapkan sistem roller di Yamaha Jupiter-Z yang pelatuknya masih konvensional. Paling mudah dipasang di Jupiter-Z kepunyaan Honda Blade 110.
Namun dalam memasang pelatuk Blade ke Jupieter-Z harus ada penyesuaian. Pertama, ruang dudukan pelatuk di kepala silinder harus diperlebar dengan cara dipapas. Posisi klep in sebelah kanan yang dipapas. Sedang yang ex sebelah kiri.
Pokoknya disesuaikan saja, sekitar 5 mm. Begitupun tebal bushing yang dipakai sebagai penganjal, disesuiakan. Maklum mesin yang dibikin masih prototipe.
Untuk sementara, padukan dengan kem Honda Karisma. Padahal bagusnya pake dari Jupiter-Z lagi. Meski begitu hasilnya memuaskan.
spring : www.motorplus-online.com